PERHATIAN: Selalu perhatikan deadline pendaftaran, jangan sampai anda melamar loker yang sudah ditutup. Semua Info di situs ini berasal dari sumber terpercaya !.

MENPAN RB Pastikan Daftar Nama Honorer Lulus CPNS 2018 Yang Beredar di MEDSOS Adalah PALSU


Informasi mengenai penerimaan CPNS 2018 ini memang menjadi sorotan banyak kalangan khususnya para sarjana muda maupun honorer yang berkeinginan menjadi seorang PNS. Namun hingga Saat ini pendaftaran CPNS 2018 masih belum juga dibuka. Meski demikian, di media sosial (medsos) telah beredar nama-nama tenaga honor yang lolos CPNS 2018.

MENPAN RB Pastikan Daftar Nama Honorer Lulus CPNS 2018 Yang Beredar di MEDSOS Adalah PALSU
Sumber: Instagran KEMENPANRB ( https://www.instagram.com/p/BnD6-PrARLB)
Menanggapi beredarnya nama tenaga honor yang lolos CPNS 2018 di medsos, menpanRB memberikan keterangan resmi.

Masih banyak hal yang harus dipersiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang berada di bawah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpanrb).
Melalui media sosial dan portal resmi Kemenpanrb dan BKN, pemerintah selalu meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam menerima informasi.

Hal itu dikarenakan banyak berita hoax yang beredar di dunia maya.

Beberapa hari yang lalu, sebuah informasi mengenai daftar resmi nama honorer GTT PTT K2 yang lolos seleksi CPNS 2018 per provinsi beredar di media sosial.

Informasi tersebut dibuat oleh alamat blog infopendidikan77.blogspot.com. Kemudian informasi tersebut dibagikan oleh seorang pemilik akun sosial media Facebook.

Mengetahui hal tersebut, Kemepanrb melalui unggahan terbarunya di Instagram menyatakan bahwa informasi tersebut tidaklah benar atau hoax.

"Kementerian PANRB kembali mendapatkan informasi palsu di sebuah akun Facebook seperti di atas."
"Kami ingin menegaskan bahwa informasi tersebut adalah HOAKS!!! kami meminta Rekan ASN untuk mengabaikannya."
"Pantau informasi mengenai penerimaan CPNS di portal resmi www.menpan.go.id dan seluruh akun resmi sosial media kami."
"Instagram : @kemenpanrb."
"Twitter : @kempanrb."
"FB : Kementerian PANRB."
"Hati - hati dalam menyebarkan dan menerima informasi, bijaklah dalam menggunakan sosial media yaa Sahabat Muda," tulis @kemenpanrb

Panselnas CPNS 2018 Gelar Rapat, Terungkap Alasan Penggunaan Sistem CAT

Panitia Seleksi nasional (Panselnas) CPNS 2018 menggelar rapat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Selasa (28/08/2018),.

Selain Sestama, rapat dihadiri sejumlah pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) BKN dan beberapa anggota Tim Panselnas yang terdiri dari Tim Audit Teknologi dan Quality Assurance (QA) dari Kementerian/Lembaga lain.

Rapat tersebut membahas lebih lanjut terkait QA terhadap Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan Computer Assisted Test yang akan digunakan dalam seleksi CPNS Tahun Anggaran 2018.

Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Dwi Wahyu Atmaji bahwa rapat Tim Panselnas ini bertujuan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan seleksi CPNS Tahun Anggaran 2018.

Sementara itu Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara, Bajoe Loedi Hargono menyampaikan bahwa BKN mengembangkan Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan CAT guna memudahkan para peserta dan menjunjung tinggi akuntabilitas dalam seleksi CPNS Tahun Anggaran 2018.

Dalam kesempatan yang sama, Supranawa Yusuf mengatakan melalui rapat tersebut tim QA melakukan _share_ bersama BKN tentang hal yang masih dapat dikembangkan dan memberi masukan-masukan kepada BKN untuk meningkatkan sistem seleksi CPNS Tahun Anggaran 2018 sehingga diharapkan dalam pelaksanaan seleksi CPNS Tahun Anggaran 2018 nanti, semua peserta tidak mengalami hambatan dan dapat fokus dalam mengikuti seleksi.

Seleksi CPNS tahun ini juga akan dilaksanakan secara terintegrasi menggunakan portal sscn.bkn.go.id.
Oleh karena itu, peserta tak perlu membuka dua portal untuk mendaftar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana ;pendaftar di beberapa kementerian atau lembaga, harus membuka dua portal saat pendaftaran.

Selain sistem pendaftaran yang terintegrasi, tahun ini seluruh tes kompetensi, baik itu seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN.

“Dengan perubahan mekanisme ini seluruh proses seleksi CPNS dipastikan sesuai ekspektasi publik,” kata Iwan saat menjadi Keynote Speaker dalam Rakornas Kepegawaian 2018, seperti dikutip dari laman resmi Setkab.

Sembari menunggu diumumkannya penerimaan CPNS, para calon pendaftar harus memahami tata cara tes dan persyaratan yang dibutuhkan.

Apa itu Computer Assisted Tes (CAT) BKN?

CAT (Computer Assisted Test ) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Peserta langsung mengerjakan ujian di komputer, waktu tes yang tersisa juga terlihat jelas di monitor.
Peserta hanya perlu mengetuk mouse untuk memilih jawaban yang benar, jika soal dalam bentuk pilihan ganda.

Dijelaskan di laman cat.bkn.go.id, hasil seleksi dengan CAT dapat langsung dilihat tanpa menunggu lama. Nilainya akan langsung ke luar setelah selesai ujian.

Hasil ujian dengan CAT BKN dapat dipertanggungjawabkan.

Aksi peserta pada setiap soal termonitor dalam sistem yang memudahkan dalam audit, sehingga ketahuan jika terjadi hal tak terduga.

Pergerakan nilai dari awal pengerjaan sampai selesai dapat diikuti, sehingga jawaban peserta dapat dilacak.
Saat ini, stasiun CAT BKN tersebar hampir di setiap provinsi, yang aktif digunakan untuk ujian CPNS maupun uji kompetensi pegawai.

Kamu juga dapat belajar mengerjakan soal melalui laman simulasi CAT milik BKN, klik di sini atau kunjungi http://cat.bkn.go.id/simulasi/akun/.

Tetap Tahun ini

Jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (2018) masih simpang siur. Pelaksanaan penerimaan tak mungkin digelar di Bulan Agustus 2018.

Pasalnya jika merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 11/2017 tentang Manajemen PNS, di pasal 22 diatur secara jelas tentang mekanisme pengumuman lowongan PNS.

Pada pasal Pasal 22 ayat 1 disebutkan: 
Ayat 1: Panitia seleksi instansi pengadaan PNS mengumumkan lowongan Jabatan PNS secara terbuka kepada masyarakat berdasarkan pengumuman lowongan oleh panitia seleksi nasional pengadaan PNS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21.

Ayat 2: Pengumuman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan paling singkat 15 (lima belas) hari kalender.

Merujuk pada aturan itu, jika pengumuman dilakukan pada 20 Agustus 2018, maka penerimaan CPNS kemungkinan akan dilakukan di September 2018.

Sampai sejauh ini, proses penerimaan CPNS masih menunggu intruksi dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang baru, Syafruddin, memastikan pendaftaran CPNS 2018 tetap akan digelar tahun ini. 

Tahapan pendaftaran CPNS 2018 dimulai dengan pengumuman pembukaan pendaftaran melalui website resmi Kemenpan RB di https://menpan.go.id.

Meski demikian, sudah ada isyarat bahwa pembukaan pendaftaran sudah semakain dekat. Berdasarkan penelusuran idloker.info,  panitia pelaksana sudah masuk dalam persiapan final.

Pasalnya sudah digelar rapat koordinasi antara emoat instansi terkait yakni BKN, Panitia Pelaksana CPNS 2018, Menpan, dan BKD Provinsi.

Dirangkum idloker.info berikut sejumlah informasi terbaru pendaftaran CPNS 2018:

Persiapan panitia pelaksana sudah sampai pada tahap final.

Kepala BKD Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, menjelaskan dirinya sudah mengadakan rapat dengan empat pihak terkait di kantor BKN Jakarta beberapa waktu lalu.

Ashari menjelaskan, memang belum mendapatkan informasi detail tentang waktu namun petunjuk teknis (Juknis) sudah digodok. 

"Rencana penerimaan CPNS 2018 dari KemenpanRB sampai saat ini belum kita terima juknisnya, namun proses penggodokan di kantor pusat sudah terjadi," katanya kepada tribun-timur.com.

Dia menambahkan pihak sudah cukup sering dipanggil untuk membahas namun juknis lengkap belum diterima secara resmi.

Di dalam Juknis itulah nanti akan dibahas kuota, jadwal penerimaan dan lainnya. 

Sumber: Tribunnews dan KEMENPANRB

Bagikan Informasi Ini:
TAMBAHKAN KOMENTAR
HIDE COMMENTS

Post a Comment

!=== KOLOM KOMENTAR ===!

BERLANGGANAN GRATIS !!
Dapatkan informasi lowongan kerja 2018 terbaru sesuai dengan kualifikasi yang anda miliki dan raihlah kesuksesan masa depan dengan pekerjaan yang layak.
Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi melalui link AKTIVASI yang kami kirim ke email anda.