CPNS 2018: Inilah Persyaratan GURU HONORER K2 Agar Bisa Jadi PNS


Baca Juga: Kumpulan Soal-Soal TKD CAT CPNS 2018
Kabar gembira bagi para Honorer yang sampai saat ini belum menyandang setatus PNS. Pasalnya Guru Honorer akan mendapatkan prioritas dalam perekrutan CPNS 2018 pada tahun ini. Seperti dilansir dari harian bertia CNNINDONESIA pada hari ini bahwa Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi menyatakan bahagia atas pengangkatan 100 ribu guru honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun, dia mengingatkan pemerintah supaya mendahulukan pengangkatan guru honorer senior dan tidak melupakan guru K2.

Inilah Persyaratan HONORER K2 Agar Lulus CPNS 2018


"Mudah-mudahan dengan menteri yang baru bisa lebih mudah. Soal K2 kami tetap minta agar diproritaskan, guru honorer yang sudah lama mengabdi diprioritaskan," kata Unifah saat dihubungi pewarta pada Kamis (30/8).
Unifah menyatakan perjuangan supaya guru honorer diangkat menjadi PNS sangat berliku dan memakan waktu yang cukup lama. Dia berharap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Syafruddin memudahkan pengangkatan tersebut.

"Kita happy ya, karena itu memang perjuangan kita sejak lama," ujarnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkap pengajuan pengangkatan 100 ribu guru honorer jadi menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada 2018 sudah disetujui pemerintah.

Meski angka pengangkatan itu cukup besar, sebenarnya Muhadjir mengklaim mengajukan lebih banyak. Namun dia memang tidak memiliki wewenang untuk mengangkat guru honorer menjadi PNS, karena keputusan itu ada di tangan KemenpanRB.

Lebih lanjut, Mendikbud belum merinci kapan pengangkatan itu dilakukan. Sementara, jumlah guru honorer di seluruh Indonesia saat ini sekitar 736 ribu orang. 

Persyaratan Honorer K2 Menjadi CPNS

Dalam penerimaan CPNS 2018 ada jalur umum dan jalur khusus, dimana untuk honorer K2 akan mendapat prioritas menjadi CPNS melalui tes. Namun, syarat yang diberikan untuk dapat ikut tes adalah maksimal usia per 1 Agustus 2018 adalah 35 tahun. 
Honorer K2 (kategori dua) yang memenuhi persyaratan mengikuti tes CPNS 2018, akan mendapatkan prioritas.

Kabar tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa. Dia menyebut sesuai ketentuan penerimaan CPNS 2018, honorer K2 akan lebih diprioritaskan bagi mereka yang memenuhi syarat.

“Jadi saat penerimaan CPNS nanti, ada namanya tes umum dan khusus. Peserta umum ikut seleksi umum, honorer K2 bisa ikut tes khusus. Tapi syaratnya umur mereka harus di bawah 35 tahun terhitung 1 Agustus,” ungkapnya seperti diberitakan Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group).

Namanya tes khusus, tentu mendapat keringanan. “Tes khusus ini hanya tes kemampuan dasar (TKD) dan lebih mudah dari mengikuti tes umum. Skala kesulitannya lebih rendah, dan juga lebih diprioritaskan,” katanya.

Kalau peserta umum ikut tes kemampuan dasar, dan tes-tes lain misalnya kesehatan dan wawancara.

Mereka yang memenuhi syarat tes khusus ini yakni sudah mengabdi puluhan tahun, status K2, pendidikan S1, dan usia di bawah 35 tahun.

Demikian informasi ini kami bagikan, semoga honorer K2 bisa diangkat CPNS tahun ini. Amin

Baca Juga: Perdiksi Soal TKD CAT CPNS BKN 2018
Bagikan Informasi Ini:
BERIKAN KOMENTAR ANDA
HIDE COMMENTS

Post a Comment

!=== KOLOM KOMENTAR ===!

BERLANGGANAN GRATIS !!
Dapatkan informasi lowongan kerja 2018 terbaru sesuai dengan kualifikasi yang anda miliki dan raihlah kesuksesan masa depan dengan pekerjaan yang layak.
Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi melalui link AKTIVASI yang kami kirim ke email anda.