Gugur Massal TKD, "PERMENPAN" Baru Siap Isi Kekosongan Formasi


Gugur Massal TKD, "PERMENPAN" Baru

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin mengaku banyak peserta CPNS 2018 yang tidak lulus ujian seleksi kompetensi dasar (SKD). Menurut Syafruddin, penyebab banyaknya peserta tidak lulus ujian karena standar kelulusan yang diterapkan dalam ujian dinilai sulit. Namun dia belum bisa menyebutkan berapa persentase peserta yang gugur. Hal itu karena ujian masih berlangsung.

"Iya banyak yang nggak lolos. (Banyak yang tidak lulus ujian SKD) karena sulit (tesnya)," kata Syafruddin, Kamis (8/11/2018).
Bahkan kata dia, standar kelulusan yang diberlakukan tahun ini lebih berat dibandingkan rekrutmen CPNS tahun sebelumnya. "Ya lebih sulit sekarang, karena passing grade-nya dinaikkan supaya lebih kompetitif," paparnya.

Melihat banyaknya peserta CPNS yang tidak lulus ujian SKD membuat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Tes CPNS akan melakukan evaluasi.

"Dibiarkan dulu ini (pelaksanaan seleksi) selesai, nanti panitia seleksi akan memutuskan kembali langkah langkah selanjutnya," bebernya dilansir laman Detikcom.

Banyaknya peserta yang tidak lulus pun dikhawatirkan membuat banyak formasi CPNS di suatu instansi malah jadi kosong. Mengenai itu, pihaknya juga akan membahas bersama tim Panselnas.

"Iya nanti itu akan ada tindak lanjut, tidak akan ditinggalkan lah itu. Nanti akan diputuskan, akan dirapatkan kembali di panitia seleksi," tukasnya.

Permenpan Baru

Pemerintah disebut akan menyiapkan beleid baru berbentuk Peraturan Menteri PAN-RB (Permenpan) dalam waktu dekat. Aturan itu untuk mengatasi masalah kurangnya jumlah peserta yang lulus tes CPNS 2018 dalam tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengungkapkan tingkat kelulusan peserta secara nasional dalam tahap SKD baru 3%. Padahal, pemerintah membutuhkan 238.015 formasi baru untuk CPNS tahun ini.

Untuk menutupi kebutuhan mengisi formasi tersebut, pemerintah berencana membuat Permenpan yang baru. Namun, Ridwan tak merinci akan seperti apa isi dari Permenpan tersebut.

Nanti akan ada mungkin Permenpan baru, tapi saya nggak tahu (seperti apa isinya)” kata Ridwan dilansir detik.com, Sabtu (10/11/2018).

Walau tak mengetahui secara rinci akan seperti apa isi dari Permenpan itu nantinya, namun pihak BKN sebagai pelaksana seleksi CPNS berharap agar aturan itu bisa segera keluar secepatnya.

Yang jelas BKN minta maksimal minggu depan itu (Permenpan) sudah selesai, karena prosesnya kan terus berjalan,” jelasnya.

Ridwan mengatakan, bahwa penerbitan Permenpan baru ini menjadi solusi yang dihasilkan dari rapat yang digelar oleh tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018 bersama dengan stakeholderlainnya.

Hari Selasa atau Rabu lalu kana ada rapat Panselnas yang saya ikut juga. Di situ dimasukkan dari semua stakeholderBSSN, Kemendikbud, Kemenristekdikti, KemenPAN-RB, BKN, Ombudsman itu semua ditampung lah. Ditampung untuk skenario memang sudah disusun bagaimana kemungkinannya,” tuturnya.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga ada keputusan/peraturan menteri PANRB yang menguntungkan bagi semua pihak termasuk para peserta Tes CPNS.

Semangat ! #2019JadiASN

Bagikan Informasi Ini:
BERIKAN KOMENTAR ANDA
HIDE COMMENTS

Post a Comment

!=== KOLOM KOMENTAR ===!

BERLANGGANAN GRATIS !!
Dapatkan informasi lowongan kerja 2018 terbaru sesuai dengan kualifikasi yang anda miliki dan raihlah kesuksesan masa depan dengan pekerjaan yang layak.
Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi melalui link AKTIVASI yang kami kirim ke email anda.