Rekrutmen CPNS 2019: 100 Ribu Formasi dibuka Bulan Oktober

CPNS

Rekrutment CPNS 2018 berakhir dengan sukses setelah memalui peroses dan tahapan yang panjang meskipun dalam pelaksanaannya terdapat catatan-catatan yang harus diperbaiki oleh pihak penyelenggara (KemenPANRB & BKN) untuk kenyamanan dan kelancaran dalam rekrutmen CPNS berikutnya. Terlebih Pemerintah berencana akan kembali melakukan rekrutmen CPNS pada tahun 2019 ini.
Baca Juga: Rekrutmen PPPK Tahap II dibuka Usai LEBARAN
Dilansir dari beberapa media online ternama seperti liputan6.com, kumparan.com maupun finance.detik.com bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengatakan, pemerintah bakal kembali menggelar perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Maret 2019.
Pemerintah kembali membuka lowongan calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS bagi masyarakat Indonesia. Pada tahun ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PAN-RB berencana membuka 100 ribu formasi.
Coba Sekarang: Simulasi SKD CAT CPNS - PPPK BKN Online Terbaru 2019
Menteri PAN-RB, Syafruddin mengatakan, jumlah formasi yang direncanakan pada tahun ini mayoritas dikhususkan bagi guru honorer, meskipun juga terbuka secara umum bagi masyarakat seluruh Indonesia.

"Tetap guru honorer yang lebih diutamakan. Seluruh Indonesia," kata dia, saat ditemui di Hotel Shangri La, Jakarta, Kamis 9 Mei 2019.
Pembukaan pendaftaran CPNS dijadwalkan pada kuartal III 2019, tepatnya pada Oktober. Tetapi, dia belum bisa merincikan mengenai pembukaan CPNS pada tahun ini, karena aturan khususnya belum diterbitkan.

"Tapi ya, kira-kira Oktober lah, Kuartal ke III itu, Oktober," ujar dia.
Baca Juga : Panduan Pendaftaran ONLINE CPNS 2019 SSCN.BKN.GO.ID Lengkap
Syafruddin juga belum mampu menyebutkan secara rinci pembagian 100 ribu formasi tersebut terhadap kebutuhan masing-masing kementerian dan lembaga. Namun, dia menegaskan, yang dikhususkan pada CPNS pada tahun ini ditujukan bagi tenaga pendidik honorer.

"100 ribu seluruhnya, tetapi kan belum diatur," kata dia.

Rekrutmen PPPK Akan dibuka lebih dahulu.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin menyatakan, pemerintah akan menggelar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap II terlebih dahulu pada 2019 dibanding perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

"Duluan PPPK (Tahap II), CPNS yang terakhir," tegas Syafruddin dalam gelaran konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Untuk kepastian waktunya, dia melanjutkan, pihaknya harus rapat koordinasi terlebih dahulu dengan Kementerian Keuangan serta tiap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang akan terlibat di dalamnya.
Baca Juga200+ Contoh Soal PPPK & CPNS 2019 Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Pembahasanya
"Nanti, kita akan rapatkan koordinasi dengan Kementerian Keuangan dan seluruh instansi. Harus dirapatkan dulu ke pemerintah daerah. Ini masalah penggajiannya," tuturnya.

Perekrutan PPPK Tahap II ini merupakan kelanjutan dari proses pendaftaran PPPK Tahap I yang dilaksanakan secara online pada 12-17 Februari 2019 lalu.

Melihat rencana ke depan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) buka kemungkinan masa pendaftaran PPPK Tahap II bakal dibuka antara Juni hingga Juli 2019.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan, Kementerian PANRB telah mengalokasikan 150 ribu posisi untuk dua kali tahap perekrutan PPPK tahun ini.

Namun demikian, ia menambahkan, baru sekitar 50 ribu posisi yang terisi pada perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) kontrak tahap pertama. Sehingga untuk fase kedua ini akan dibuka pendaftaran PPPK sebanyak kurang lebih 100 ribu formasi.

"Sebetulnya untuk Tahap I disediakan 75 ribu, dikasih alokasi 150 ribu (untuk dua tahap perekrutan). Cuma yang sekarang baru kepakai 50 ribu (formasi), masih ada sisa. Kalau bisa saya tarik ke belakang jadi 100 ribu," ujar Bima.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel