Rp 40 Triliun THR plus Gaji ke-13 PNS mulai Cair 24 Mei

THR PNS CAIR

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti mengatakan pemberian tunjangan hari raya (THR) bagi Aparatur Negara dan Pensiunan, telah diamanatkan sebagai salah satu kebijakan dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran (TA) 2019 yang tertuang pada Nota Keuangan dan Undang-Undang APBN TA 2019.

Dia mengatakan sebelum pembayaran dilaksanakan, diperlukan proses penyusunan dasar pembayaran yang dimulai dari penetapan Peraturan Pemerintah (PP) dan peraturan pelaksanaannya dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK). "Mengingat jadwal libur hari raya Idul Fitri tahun 2019 yang dimulai sejak tanggal 1 sampai dengan 7 Juni 2019 maka hari efektif kerja untuk pembayaran THR adalah bulan Mei tahun 2019,"

Di tempat terpisah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah telah menyiapkan dana sebanyak Rp 20 triliun untuk membayar tunjangan hari raya atau THR bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Anggaran buat Pegawai Negeri Sipil (PNS), Polri dan TNI  tersebut belum termasuk gaji ke-13 yang akan diberikan pemerintah. 
"Anggarannya total Rp 20 triliun untuk THR. (Gaji ke-13) baru kami bayarkan pada pertengahan tahun, karena itu untuk membantu biaya sekolah ASN," kata Sri Mulyani kepada wartawan di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Rabu 8 Mei 2019.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, THR akan dibagikan pada 24 Mei 2019. Sedangkan, untuk gaji ke-13, Sri Mulyani menjelaskan akan diberikan pada anggota ASN, TNI dan Polri bulan Juni 2019.

Anggaran THR Lebaran ini naik jika dibandingkan dana tahun sebelumnya yang sebesar Rp 17,88 triliun. Kenaikan ini dipicu salah satunya karena pemerintah telah menetapkan bakal menaikkan gaji ASN, TNI dan Polri sebesar 5 persen.

Setelah kenaikan gaji ASN, TNI dan Polri sebesar 5 persen maka pemerintah wajib membayarkan THR dan Juga gaji ke-13 kepada para aparatur negara tersebut sebesar Rp 40 Triliun.

Sri Mulyani menjelaskan Peraturan Pemerintah yang mengatur THR dan Gaji ke-13 telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

seumber: Tempo.co

Sekian Informasi terkait pembayaran THR plus Gaji ke-13 PNS. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel