Update Virus Corona: Malaysia Konfirmasi 84 Kasus, Indonesia 4 dan Singapura 130

update corona

Malaysia

Malaysia mengalami lonjakan kasus virus corona terbesar pada Jumat (6/3/2020). Sebanyak 28 kasus baru dilaporkan, sehingga menjadikan total kasus positif di Negeri Jiran tetangga Indonesia itu menjadi 83 kasus.

Direktur Jenderal Departemen Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah menyebut sejauh ini 956 kontak yang dekat dengan pasien telah diidentifikasi. Dari angka itu, 258 orang diduga terkait dengan pasien ke-26. Sementara itu, 23 pasien telah sepenuhnya pulih dan dipulangkan.

Kementerian tidak memberikan rincian kasus-kasus baru, tetapi meyakinkan warga Malaysia bahwa penyelidikan dan kegiatan deteksi kontak dekat sedang dilakukan.

"Berdasarkan penilaian kami hingga saat ini, situasi Covid-19 masih terkendali dan masih dalam tahap Penahanan DIni," kata Abdullah dilansir dari South China Morning Post, Jumat (6/3/2020). Dari 83 pasien, 65 adalah orang Malaysia, 15 dari China dan tiga lainnya dari Italia, Jepang dan AS.

Indonesia

Selain Malaysia, Indonesia mengkonfirmasi dua kasus positif terbaru yang disebut berusia 30-an tahun.

Pejabat Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengatakan, dua pasien positif terbaru diuji setelah melakukan kontak dengandua kasus pertama.

Sehingga total sudah ada empat kasus positif virus corona yang dikonfirmasi oleh pemerintah. Dua kasus pertama diumumkan Presiden RI Joko Widodo awal pekan ini.

Pasien ke-1 dan ke-2 adalah pasangan ibu dan anak yang diduga tertular virus corona dari warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia pertengahan Februari 2020 lalu.

Pemerintah Indonesia menyiagakan 100 rumah sakit di 32 provinsi untuk menangani virus corona.

Singapura 

Sementara Singapura melaporkan 13 kasus baru virus corona pada Jumat, sehingga menjadikan lompatan satu hari terbesar sejak sembilan kasus yang dilaporkan pada 14 Februari.

Total kasus virus corona di Singapura menjadi 130, dengan 82 disebut telah pulih sementara 9 lainnya masih menjalani perawatan intensif.

Dari 13 kasus baru, 9 di antaranya terkait dengan cluster terbaru di SAFRA Jurong yang terjadi pada 15 Februari lalu. Ini adalah cluster keenam Singapura dari penyakit Covid-19 dan sekarang memiliki 17 kasus terkait.

Pihak berwenang Singapura mengatakan mereka sedang menyelidiki cluster yang merupakan acara sosial untuk teman dan keluarga.

Dari empat kasus baru yang tersisa, dua diimpor dari pelancong yang terinfeksi memasuki Singapura, yaitu seorang awak kabin Singapore Airlines berusia 47 tahun.

Awak kabin itu pernah ke Afrika Selatan dan Prancis. Sedangkan satu lagi adalah penduduk berusia 37 tahun yang pernah ke Jerman.

Sedangkan kasus lain adalah seorang pria berusia 77 tahun yang dirawat di rumah sakit yang sama di Singapore General Hospital seperti kasus sebelumnya (Kasus 109) dari 29 Februari hingga 1 Maret.

Sumber:Kompas.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel