Strategi Menjawab 100 Soal CAT SKD CPNS secara Cepat/Tepat

Posted on
Strategi menjawab Soal Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dengan cepat dan tepat sangat dibutuhkan supaya bisa LULUS pada tes SKD ini. Selain itu tentu harus rajin belajar dan memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal CPNS.
.
 

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar CPNS berisi 100 soal dengan jawaban pilihan ganda (a, b, c, d, dan e). Soal terdiri dari 3 (bagian) pokok bahasan yaitu:

  1. Test Wawasan Kebangsaan (TWK) berisi 35 soal
  2. Test Intelegensi Umum (TIU) berisi 30 soal
  3. Test Karakteristik Pribadi (TKP) berisi 35 soal
 
Agar bisa LULUS pada tahap SKD CPNS ini, sangat penting bagi Anda untuk mengtahui Ambang Batas Nilai atau Passing Grade yang sudah ditentukan oleh KemenPANRB sebagai berikut:
  1. TWK = nilai ambang batasnya 75 (setiap 1 soal jika benar nilainya 5, jika salah nilainya 0. Berarti minimal harus benar 15 soal dari 35 soal)
  2. TIU = nilai ambang batasnya 80 (setiap 1 soal jika benar nilainya 5, jika salah nilainya 0. Berarti minimal harus benar 16 soal dari 30 soal)
  3. TKP = nilai ambang batasnya 143 (dalam 1 soal nilai tertinggi atau jawaban terbaik skornya 5, dan nilai terendah skornya 1. Jadi setiap pilihan ganda a, b, c, d, dan e mengandung skor 1 sampai 5)
 

Baca Juga : Download Ebook Materi dan Ribuan Contoh Soal SKD CPNS 

Strategi Menjawab 100 Soal SKD CPNS 2019 dengan Cepat/Tepat

Sebelum mulai menjawab Soal SKD, perlu untuk diketahui bahwa Anda punya waktu 90 menit mengerjakan 100 soal ujian SKD yang terbagi dengan urutan seperti berikut:

  1. Soal nomor 1 sampai 35 adalah soal TWK
  2. soal nomor 36 sampai 65 adalah soal TIU, dan
  3. Soal nomor 66 sampai 100 adalah soal TKP

Baca Juga :200+ Contoh Soal CPNS 2019 Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Pembahasanya

Berikut ini kami berikan tips cara jitu mengerjakan Soal-soal SKD.

Silahkan dicerna baik-baik tips berikut ini:

1. Kerjakan Soal yang paling mudah terlebih dahulu

Soal yang paling mudah untuk dikerjakan adalah Soal Tes Karateristik Pribadi (TKP). karena Soal ini tidak membutuh kan hitung-hitungan ataupun penghapalan materi. Cukup Anda memilih jawaban yang menurut Anda paling Tepat agar dapat nilai maksimal (semua jawaban punya nilai, nilai terendah adalah 1 sedang jawaban paling cocok bernilai 5)

Oleh karena itu  ketika Anda sudah login dan siap mengerjakan Soal TKD langsung saja klik nomor 66 pada soal. Karena Soal 66 – 100 adalah Soal TKP

Saat mengerkan Soal-Soal TKP kami menyarankan kepada Anda agar jangan terlalu lama membaca atau memahami Soal. Sebab Anda bisa kehabisan waktu hanya sekedar untuk membaca Soal. TIPSnya : cukup lihat sekilas Soal lalu bandingkan jawaban dan pilih yang paling cocok menurut Anda.

2. Kerjakan 16 Soal TWK termudah setelah selesai TKP

Begithu selesai mengerjakan soal TKP dengan cepat langsung saja Anda mengklik nomer 1 pada soal untuk mengerjakan Soal TWK. Pada tahap ini kami sarankan agar Anda mengerjakan 16 Soal yang Anda yakini jawabanya benar terlebih dahulu ( 16 soal benar x nilai 5 = 80. sudah memenuhi nilai Passing grade). Soal TWK yang Anda ragu jawabnya di skip dahulu

3. Lanjutkan Kerjakan 16 Soal TIU yang termudah

Sama seperti mengerjakan Soal TWK. Ketika mengerjakan Soal TIU sebaiknya cari soal yang TIU yang lebih mudah seperti Bahasa indonesia Sinonim, padanan Kata, Antonim dan soal cerita. Sedangkan Soal hitung-hitungan skip terlebih dahulu. Utamakan mengerjakan soal yang butuh waktu sedikit terlebih dahulu. Kerjakan 16 Soal termudah dengan cepat.

4. Manfaatkan waktu yang tersisa

Setelah melalui TIPS 1 sampai 4 dan jika anda masih punya waktu tersisa langsung kerjakan soal TWK yang tersisa. Saat mengerjakan soal yang Anda tidak tahu jawabanya, jangan terlalu lama berpikir,  Langsung saja pilih salah satu pilihan jawaban (siapa tahu jawaban anda benar, kalo salahpun tidak mengurangi nilai). Jika semua soal TWK sudah Anda kerjakan lanjut kerjakan soal TIU yang tersisa,  kini Anda punya waktu mengerjakan Soal hitung-hitungan yang tersisa. Selsesaikan semua Soal sebelum waktu habis. !

5. Begitu Waktu habis Berdoalah agar Anda LULUS

Semoga pada tahun ini Anda punya kesempatan untuk menjadi Abdi negara. Amiinn Amiinn Allahuma Amiin !

Jangan Lupa pelajari Kisi-kisi / Materi Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019

Materi pada soal pada TWK, TIU, dan TWK jika dilihat melalui Permenpan nomor 20 tahun 2017 meliputi :

Download Sekarang: Ebook Materi CPNS dan Ribuan Contoh Soal SKD CPNS 

1) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:

  • Pancasila;
  • Undang-Undang Dasar 1945;
  • Bhineka Tunggal Ika; dan
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

2) Tes Intelegensi Umum (TIU)

DImaksudkan untuk menilai:

  • Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
  • Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
  • Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
  • Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

3) Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Untuk menilai:

  • Integritas diri;
  • Semangat berprestasi;
  • Kreativitas dan inovasi;
  • Orientasi pada pelayanan;
  • Orientasi kepada orang lain;
  • Kemampuan beradaptasi;
  • Kemampuan mengendalikan diri;
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;dan
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain..

Persiapan Faktor Non Teknis

Berdoa

Berdoa adalah sesuatu hal yang tidak kalah penting agar anda bisa lulus Ujian. Dengan berdoa anda bisa mendapatkan kekuatan yang tidak terlihat untuk melaksanakan ujian. Hati di tenangkan sehingga menambah kekuatan dan kepercayaan diri sebelum melaksanakan ujian

Niat yang baik, selalu berdoa dan memohon kepada Allah, meminta doa restu dari kedua orang tua/guru-guru kita dan senantiasa berpikiran positif insya Allah akan mempermudah kita dalam mencapai cita-cita lulus seleksi CPNS

Mempelajari dan Mengikuti Tata Tertib Ujian

Pahami dengan seksama tata cara dan tata tertib ujian yang bisa anda lihat pada saat mengambil kartu peserta ujian atau tercantum di kartu ujian, Tata tertib ini juga bisa anda lihat di masing masing instansi. Jadi untuk melihat tata tertib ujian tidak sama antara Instansi yang satu dengan yang lainnya.

Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan hal penting, jangan sampai terabaikan oleh anda. Menjelang ujian yang semakin dekat tentu kamu akan dihadapkan dengan lebih banyak kegiatan, baik itu belajar contoh soal, hingga kesibukan mengurus dokumen atau survei tempat lokasi.

Kalau sakit, bagaimana caranya kamu dapat belajar atau ujian dengan baik? Apalagi jika di hari H ujian kamu malah tidak bisa mengikuti ujian karena jatuh sakit, padahal kamu sudah berjuang belajar selama ini. Maka, jagalah terus kesehatanmu dengan menjaga pola makan, tidur teratur, dan minum vitamin untuk daya tahan tubuh

Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Persiapkan dokumen jauhari sebelum seleksi cpns dibuka. Jangan cuma cek ada tidaknya dokumen asli seperti ijazah, ktp atau foto, tapi cek juga fotocopy an nya, ada tidaknya dokumen copy leges/legalisir.

Sekian rangkuman singkat Strategi Menjawab 100 Soal SKD CAT CPNS dengan Cepat dan Tepat yang masih banyak kekurangan ini, namun dalam hari-hari berikutnya kami akan selalu mengupdate sesuai perkembangan yang kami terima.

Jangan lupa dishare ke sosial media Anda jika bermanfaat, dan tinggalkan komentar dibawah postingan ini jika ada yang ditanyakan, request maupun kritik saran. Semoga tahun ini Anda LULUS menjadi CPNS. Terima kasih !

4 thoughts on “Strategi Menjawab 100 Soal CAT SKD CPNS secara Cepat/Tepat

Comments are closed.