Update: Pendaftaran BUMN Diperpanjang, Ini Cara Daftar dan Berkas Persyaratanya

Posted on
Rekrutmen Bersama BUMN
Pendaftaran Rekutmen Bersama BUMN diperpanjang hingga 24 Maret 2019, simak langkah dan berkas penting untuk pendaftaran.
Rekrutmen bersama BUMN yang diadakan bulan ini bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Rekrutmen BUMN besar-besaran kali ini terbuka untuk lulusan SLTA/SMA/SMK, Vokasi S1 – S2, talenta disabilitas hingga rekrut khusus putra-putri dari Kawasan Indonesia Timur.
Awalnya pendaftaran lowongan Bersama BUMN dibuka hingga tanggal Minggu, 17 Maret 2019. Namun pihak FHCI telah mengumumkan akan memperpanjang waktu pendaftaran online, hingga 24 Maret 2019.
berita ini dibagikan melalui media sosial resmi @fhcibumn pada Senin, (18/3/2019).
Pada proses pendaftaran, calon pelamar diwajibkan untuk mengisi biodata diri dan mengunggah sejumlah dokumen pendukung melalui situs https://rekrutbersama.fhcibumn.com 
Berikut beberapa berkas yang harus disiapkan calon pelamar sebelum bisa ikut seleksi Rekrutmen Bersama BUMN tahun ini.
1. Foto formal
2. File Ijazah (format PDF)
3. File Transkrip Nilai (format PDF)
4. Sertifikat Nilai Bahasa Inggris (format PDF)
5. Sertifikat Prestasi Akademik/ non Akademik (Jika Ada)
6. File SKCK yang masih berlaku (format PDF)
7. Surat Sehat (format PDF)
Dari dokumen tersebut, hanya nilai bahasa inggris, SKCK, dan surat sehat yang boleh menyusul setelah tes tahap awal.

Berikut alur pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2019 dari laman rekrutbersama.fhcibumn.com
Tahap 1 – Pendaftaran dan Seleksi Awal
Para peserta dapat membuat akun pendaftaran, memasukkan biodata pribadi, dan mengunggah sejumlah dokumen pendukung pada laman https://rekrutbersama.fhcibumn.com . Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan diarahkan ke halaman kartu peserta dan melakukan tes Seleksi Awal.
Tahap 2 – Seleksi Kemampuan Dasar
Sebelum melakukan psikotes, peserta harus memilih 3 posisi/BUMN. Pilih Bank Mandiri dan posisi yang diinginkan dan sesuai kemampuan! Tentukan prioritas dan lakukan pertimbangan yang matang!
Setelah lolos dari proses pendaftaran dan seleksi awal, peserta akan melakukan tes kemampuan dasar/VNS Test (Verbal, Numerical & Spatial) atau lebih dikenal dengan nama Psikotes Kognitif dan dilakukan secara online.

Tahap 3 – Seleksi BUMN
Setelah melewati Seleksi Kemampuan Dasar, para peserta akan diseleksi oleh BUMN masing-masing.
Minimal ada 3 subtahapan seleksi BUMN:
  1.  Tes kemampuan sesuai posisi pilihan
  2.  Interview manajemen
  3.  Tes kesehatan
Setiap hasil test yang dilakukan di setiap tahapan akan diumumkan melalui website https://rekrutbersama.fhcibumn.com dan dikirimkan ke e-mail yang telah didaftarkan.
Program Rekrutmen Bersama BUMN 2019 ini terdiri dari tiga kategori, yakni:

Program Perekrutan Bersama BUMN 2019 Kategori Reguler
FHCI Bersinergi dengan seluruh BUMN membuka peluang bagi putera-puteri Indonesia lulusan SMA/SMK setara, Diploma, dan Sarjana untuk menjadi bagian dari BUMN.
BUMN sebagai agent of development mengundang putra putri terbaik Indonesia untuk bergabung menjadi insan yang memberikan kontribusi, kreatifitas, inovasi, dan secara real dapat menjadi agent of change dengan menyediakan berbagai posisi yang terdapat di seluruh BUMN dalam berbagai sektor industri.
Program Perekrutan Bersama BUMN Kategori Disabilitas
Untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan yang sama bagi disabilitas, Kementerian BUMN membuka peluang untuk berkarya dan memberikan kontribusi nyata dalam keluarga besar BUMN.
Kesempatan berkarir di BUMN terbuka bagi disabilitas dengan pendidikan SMA/SMK setara, Diploma, dan Sarjana dengan posisi di berbagai sektor bisnis BUMN di seluruh Indonesia. Karena keterbatasan tidak menjadi penghalang untuk berkarya, dan memberi kontribusi nyata untuk negeri tercinta!
Program Perekrutan Bersama BUMN Kategori Kawasan Timur Indonesia
Kawasan Timur Indonesia merupakan mutiara tersembunyi dari Negeri yang memiliki potensi besar untuk dapat dikembangkan oleh Putra-Putri daerah terbaik.
BUMN mengundang Putra-Putri daerah lulusan SMA/SMK setara, Diploma, dan Sarjana dari Kawasan Timur Indonesia seperti: Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat untuk menjadi bagian dari agent of development BUMN dengan menyediakan berbagai posisi yang terdapat di seluruh BUMN dalam berbagai sektor industri.

Sumber: FHCI / Tribunnews